our facebook page

Tuesday, April 19, 2016

Jia-Jia, Robot Manusia Cerdas Bak Model Cantik



Sebuah robot cantik berhasil diciptakan oleh tim ilmuwan dari Universitas Sains dan Teknologi China. Robot yang diberi julukan Jia-Jia ini dianggap sebagai temuan yang bisa selangkah lebih denngan manusia. Pasalnya, dia memiliki bentuk yang memang benar-benar mirip manusia. Kecantikannya pun cukup mempesona.

Jia-Jia bahkan sangat terlihat seperti manusia biasa saat disandingkan bersama orang lain. Dia bak model, sehingga mendapat predikat sebagai “dewi”-nya para robot. Jia-Jia mampu berbicara dan memberikan reaksi ekspresi melalui wajahnya. Gerakan mulutnya tampak halus dan menggerakkan anggota tubuh lain secara baik.

Meski begitu pencipta Jia-Jia, Xiaoping dan timnya, mengatakan bahwa robotnya ini tida dibuat dengan gampang. Mereka memerlukan waktu tiga tahun agar Jia-Jia memiliki kesempurnaan mendekati perilaku manusia. Jia-Jia sudah dibekali dengan program kecerdasan buatan. Inilah yang menjadikannya bisa memahami ucapan manusia hingga kalimat-kalimat gurauan. Kemampuan seperti ini masih jarang dimiliki pada temuan robot lainnya.

Dikutip dari laman Merdeka, robot Jia-Jia dideain untuk menyelaraskan gerakan mulut dengan bola matanya saat berbicara. Inilah yang membuatnya seakan bergerak alami. Robot ini turut dilengkapi dengan kemampuan navigasi dan fitur lain dengan memanfaat akses internet metode penyimpanan cloud.



0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut