our facebook page

Monday, May 16, 2016

Mari Mengenal Apa itu Overclocking?



Kata overclock mungkin menjadi bahasa asing bagi seorang pemula yang tertarik dibidang hardware. Tetapi bagi mereka yang sudah mahir dibidang hardwawe, kata tersebut merupakan sebuah kata baku dan digunakan dalam kehidupan sehari hari.  Bahasa overclock disusun dari dua kata yaitu over dan clock yang artinya melakukan setup mainboard clock bagi processor maupun sebuah VGA. Kata overclock dikonotasikan dengan membuat computer lebih cepat. 

Meningkatkan sebuah clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi juga menghasilkan panas yang luar biasa. Overclocking dapat membuat komputer kamu berjalan lebih cepat daribiasanya namun kamu memerlukan pendinginan yang super dan perawatan yang rutin.


Apa itu Overclocking?

Diatas sudah WinPoin singgung sedikit tentang apa itu overclocking, tetapi akan WinPoin bahas lebih detail lagi disini. Komputer CPU yang kamu gunakan, telah dirancang oleh perusahaan tersebut dengan kecepatan maksimum tertentu. Jika kamu menjalankan CPU dengan kecepatan lebih tinggi dengan pendinginan yang tepat, maka komputer kamu akan bekerja tanpa masalah.

Tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kecepatan CPU, kamu juga bisa mengatur untuk meningkatkan kecepatan CPU dengan pengaturan tinggi clock rate atau multiplier pada BIOS, memaksanya bekerja lebih keras perdetiknya.

Hal ini akan membuat komputer CPU kamu bekerja lebih cepat, tetapi akan ada komponen yang menghasilkan panas luar biasa dan membutuhkan pendinginan yang tepat. Jika kamu tidak memberikan pengaturan pendinginan yang tepat, salah satu komponen komputer akan menjadi rusak, tidak stabil atau sistem operasi akan melakukan restart.

Bagaimana melakukan overclock.

Melakukan overclock sebenarnya melakukan setup kecepatan clock CPU pada BIOS. Bila processor dengan kecepatan 1.6Ghz dengan bus 100Mhz, artinya processor bekerja pada kecepatan 16X100Mhz akan menghasilkan kecepatan processor 1600Mhz atau 1.6GHz. Dengan merubah bus pada option BIOS misalnya dari 100Mhz menjadi 133Mhz maka computer akan bekerja dengan kecepatan 2.1GHZ atau 16X133Mhz dengan hasil 2.1Ghz atau 2.128Mhz. Apakah sedemikian mudah melakukan overclock. Betul, hanya dengan cara inilah computer dapat dipacu dan sedemikian mudahnya seseorang melakukan overclocking.

Apa Untungnya Overclocking?

Keuntungan overclocking sudah jelas, kalau komputer kamu akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Tetapi nampaknya overclocking sudah tidak diperlukan lagi dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebagai contoh ketika komputer yang menggunakan hardisk biasa di overclock, kemampuannya masih kalah dengan komputer biasa yang menggunakan hardisk SSD. Tetapi sebaliknya, jika kamu melakukan overclock pada komputer yang menggunakan hardisk SSD maka peningkatan performa akan terlihat.

Bagi penggemar Game atau Gamers yang ingin hardware komputer mereka berjalan lebih cepat dengan menggunakan teknik overclock, nampaknya sekarang CPU modern sudah tidak memerlukan itu lagi. CPU modern yang menggunakan graphic card cepat tidak akan ada pengaruhnya ketika menggunakan teknik overclock.


Apa Kekurangan Overclocking?

Ketika kamu melakukan overclock terhadap komputer CPU yang kamu miliki, kamu melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan, ini akan membuat garansi komputer kamu tidak berlaku. Panas komputer CPU kamu juga akan meningkat dengan pendingin yang tidak tepat atau overclock terlalu banyak, mungkin akan membuat CPU rusak secara permanen.

Kegagalan hardware dalam overclock adalah hal yang biasa terjadi, tetapi kebanyakan yang terjadi pada overclock mengakibatkan komputer berjalan tidak stabil. CPU yang tidak stabil akan membuat kesalahan sistem dan komputer akan melakukan restart.

Jika kamu melakukan overclock BIOS maka kamu harus perlahan-lahan untuk meningkatkan clock rate, sampai dimana tahap stabil menjadi tidak stabil berbanding tipis. Kamu juga harus memastikan kalau pendingin bekerja dengan sempuna, sehingga komponen komputer tetap aman. Dalam beberapa kasus ada komputer yang tidak cukup memiliki ruang CPU sehingga membuat komponen komputer cepat panas, jadi jangan mencoba-coba untuk melakukan overclocking jika komputer kamu demikian.

Kesimpulan

Overclocking tidak hanya dapat dilakukan oleh komputer, smartphonepun juga bisa melakukannya. Selain membuat komputer dan smartphone berjalan dengan cepat, kamu juga perlu memeriksa panas yang dihasilkan oleh overclock tadi. Jika kamu tidak memiliki pendinginan yang tepat maka hardware akan cepat rusak atau bahkan meledak.

Dengan artikel diatas, diharapkan pembaca sudah mengenal lebih jauh tentang hardware khususnya untuk pemakaian overclocking. Diharapkan juga anda tidak menganggap bahwa overclock adalah sebuah kegiatan gila yang beresiko. Siapapun dapat membuat sebuah computer lebih cepat dari standard. Overclock bukanlah kegiatan untuk merusak hardware, tetapi hanya meningkatkan performa computer agar bekerja lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut